Kamis, 10 Oktober 2013

proposal usaha butik







Nama : Tri Woro julianti
Kelas : 2DF02
NPM : 57212464


 


                                           BAB I
                                 PENDAHULUAN           

I.I Latar Belakang perusahaan
wanita adalah insan yang mempunyai daya tarik sangat tinggi(konsumtif) terhadap hal-hal yang berhubungan dengan penampilan apalagi banyak sekali trend gaya model zaman sekarang .Dengan adanya orang-orang konsumtif berarti keuntungan bagi usaha produksi. Modiste ini berada di daerah kecamatan sehingga pelanggan pun akan terus meningkat serta lokasinya sangat mudah diakses karena berdiri dipinggir jalan raya dan di mall

I.2 VISI DAN MISI PERUSAHAAN
VISI
Mengikuti trend masa kini
MISI
Melayani pelayan dengan rasa penuh tanggung jawab jujur dan sopan ramah
pelayanan dengan kualitas bagus. Mengelola butik dengan professiona
I.3 MOTTO PERUSAHAAN
Bahan berkualitas dan cara pembuatannya pun dengan designer propesional

1.4 TUJUAN PERUSAHAAN
Mencipta lapangan kerja baru
Memberikan layanan fashion kepada masyarakat
1.5 ANALISIS PASAR
Butik merupakan suatu bentuk usaha dalam industri costum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang fashion. Bentuk ataupun model usaha yang saya upayakan adalah butik yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan dengan memberikan hasil dengan kualitas bagus dan sesuai keinginan pelanggan.Adapun target pasar usaha ini adalah remaja, wanita karir, dan iburumah tangga.Lokasi usaha butik ini sangat strategis dan mudah dijangkau karenadekat dengan pusat keramaian. Sehingga akan sangat memungkinkantercapainya target keuntungan










I.4 DATA PERUSAHAAN
Struktur Organisasi









BAB II
                                ANALISIS PEMASARAN DAN PASAR

2.1 Produk Jasa yang di hasilkan
     Ke istimewaan dari Butik anak Gaul
·       Bahan yang di gunakan berkualitas terbaik
·       Jaitan nya rapi
·       Ramah dan professional

2.3 Bauran Pemasaran / Analisi 4p
   1.  Produk
·       Type            : Butik FASHION TER UP DATE
·       Brand           : Butik FASHION
·       Quality         : dari bahan bahan yang sudah terpilih
·       Packing        : plastik yang berlogo butik perusahaan kami
  2. Price
·       Price List     : mulai dari Rp100.000
  3. Promotion       
·       Adversiting           : media social seperti ( BBM ,FACEBOOK , TWITTER )
·       Personal Seling      : memberikan contoh baju hasil produk kami kepada calon pelanggan
  4. Place
·       Di sekitar daerah bekasi dan Jakarta
2.4 TARGET DAN STRATEGI PEMASARAN
Untuk butik kami ini dimulai dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari kalanngan biasa sampe kalangan excekutive harga yang di tawarkan nya pun kompetentif dan bersaing di tempat tempat lain dan bahannya bagus dan terpilih pelayanan nya pun ramah professional

2.6 SWOT

Strenght
·       Design produk
·       Bahan yang bermutu
·       Produk yang berkualitas

Weakness
·       Kurangnya strategi pemasaran & lemahnya saluran distribusi membuat produktifitas & mesin tidak bermanfaat
Opportunity
·       Persaingan
·       Mutu bahan baku
Treat
Ø Persaingan seperti produk import


2.6 TOWS
Strenght and opportunity
Ø Perusahaan dapat meningkatkan produksi

Weakness and opportunity
Ø Pesaing harus lebih berinovasi untuk model baju trend yang terbaru agar dapat bersaing dalam dunia pasar agar mesin bermanfaat

Strength and treat
Ø perusahaan harus mempertahanakan bahan yang berkualitas agar dapat bersaing dalam dunia pasar
Weakness and treat
Ø perusahaan harus inovasi atau kreatif dan memberikan model baju yang berbeda dengan produk import









       BAB III
ANALISIS PRODUKSI
3.1 PROSES PRODUKSI
Bahan Bahan nya
Ø kain atau bahan bahan
Ø jahitan
Ø hiasan atau perhiasan untuk baju tersebut
Ø kancing
Cara proses nya
Ø Membuat pola 
Ø memecah pola
Ø Memotong kain
Ø mengobras kain
Ø Menjahit kain
Ø Membuat lubang kancing
Ø Menghias kain.
Ø Memasang kancing.
Ø Pressing & packing
3.2 STRATEGI PRODUKSI
Target dari pendirian butik ini adalah wanita yang mungkin tertarik dan datang ke butik kemudian memesan atau membeli produk kami


BAB IV
ANALISAS SUMBER DAYA MANUSIA
 4.1 ANALISA KOMPETENSI SDM

Tingkat pendidikan
JUMLAH
SD

SMP

SMA/SMK
5
D3/SARJANA
        5


Bagian/Departemen
Jumlah
Manajemen
2
Produksi
10
Pemasaran
5
Keuangan
2



4.2 Keunggulan dari kompetensi SDM
CEO (Direktur Utama) : Mengontrol, memonitori semua kegiatan semua kegiatan yang ada di perusahaan. Dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
General Manager : dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi pemasaran.
Financial Manager : Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan keuangan perusahaan dan dapat mengatasi keuangan.
Production Manager :  dapat bertanggung jawab terhadap produk dan menginovasikan produk yang akan dijual belikan.
Marketing Manager : dapat mempromosikan dan menawarkan produk yag perusahaan miliki dari berbagai media.

4.2 RENCANA PEMASARANYA
Pemasaran nya di perluas agar berkembang dan terkenal di daerah manapun






BAB V
ANALISIS KEUANGAN
5.1 MODAL USAHA
          Modal investor                           : Rp 30.000.000
          Modal butik anak gaul               : Rp 19.000.000
5.2  Penentuan harga jual
Menjual mulai dari harga           : Rp 100.000,  -  Rp 350.000an












BAB IV
KESIMPULAN
PENUTUP
Demikian proposal dari saya dengan untuk memulai usaha butik saya semoga di terima dengan baik apa yang saya harapkan
Mohon maaf apabila ada kesalahan dari proposal saya  untuk dimaklumi,saya terima atas kritik dan saran nya

terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar