Komunikasi Bisnis
Seperti yang kita ketahui bersama jika Komunikasi merupakan elemen terpenting yang
diberikan tuhan kepada manusia, karena dengan komunikasi kita menjadi mahluk
hidup bukan benda lagi, komunikasi bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi
harapan kita untuk tetap berperan sebagai manusia
Berikut adalah
beberapa pengertian komunikasi yang diambil dari beberapa sumber :
- Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (lazim) baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.
- Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Komunikasi adalah persepsi dan apresiasi.
- Komunikasi adalah sesuatu hal dasar yang selalu dibutuhkan dan dilakukan oleh setiap insan manusia, karena berkomunikasi merupakan dasar interaksi antar manusia untuk memperoleh kesepakatan dan kesepahaman yang dibangun untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal diantara kedua nya. Untuk mencapai usaha dalam berkomunikasi secara efektif, maka sebaiknya kita harus mengetahui sejumlah pemahaman dan persoalan yang terjadi dalam proses berkomunikasi itu sendiri.
PENGERTIAN
Selain komunikasi ada juga faktor penting yang harus
kita lakukan, yaitu bisnis, yah bisnis, karena dengan bisnis kita bisa
menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup
kita sebagai manusia.Jika komunikasi adalah elemen yang membedakan kita sebagai
makhluk hidup dengan benda, bisnis juga merupakan elemen penting yang tidak
hanya membedakan kita dengan benda, tetapi juga membedakan kita sebagai manusia
dengan hewan (walaupun saya tidak tau juga apakah hewan menjalankan roda
bisnis, karena yang saya tau hewan sangat patuh pada hukum rimbanya ).
Kita gabungkan dua kekuatan elemen ini, Komunikasi dengan Bisnis, pasti akan menjadi sesuatu yang luar biasa, terlebih jika kita berhasil menguasai penyatuan keduanya ini
Kita gabungkan dua kekuatan elemen ini, Komunikasi dengan Bisnis, pasti akan menjadi sesuatu yang luar biasa, terlebih jika kita berhasil menguasai penyatuan keduanya ini
Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.Karena Komunikasi bisnis ini merupakan komunikasi yang terjadi di dunia bisnis, kita tidak boleh melanggar norma-norma yang ditetapkan oleh dunia bisnis ketika melakukan komunikasi.
Berikut adalah
beberapa pengertian komunikasi bisnis yang diambil dari beberapa sumber :
· Komunikasi
bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk
membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk
mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan
sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Komunikasi Bisnis
meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis
tersebut. Komunikasi yang internal termasuk komunikasi visi
(perseroan/perusahaan), strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan,
nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, motivasi karyawan,
serta gagasan-gagasan, dll. Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran,
iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi
bisnis, dll. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang
sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value)..
UNSUR-UNSUR DALAM BERKOMUNIKASI
Komunikasi meliputi
5 unsur, kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yakni
1. Komunikator = who [communicator, source,
sender]
2. Pesan = says what [message]
3. Media = in which channel [channel, media]
4. Komunikan = to whom [communicant,
communicatee, reciever, recipient]
5. Efek [effect, impact, influence]
Hal yang pertama dilakukan adalah memahami bentuk dasar
komunikasi. Karena seorang
komunikator yang baik harus memiliki beberapa alat komunikasi yang menunjang
dalam menyampaikan suatu pesan. Seperti bagaimana cara menempatkan kata dalam
suatu komunikasi sehingga memiliki arti dan bisa menarik minat dan simpati dari
para pendengarnya dan mengajak peserta untuk ikut aktif dalam berkomunikasi
seperti dalam kegiatan diskusi.
TEKNIK KOMUNIKASI
1. Komunikasi
informatif [informative communication]
2. Komunikasi
persuasif [persuasive communication]
3. Komunikasi instruktif/ koersif [instructive/
coersive communication]
4. Hubungan
manusiawi [human relation]
TUJUAN KOMUNIKASI
1. Perubahan sikap
[attitude change]
2. Perubahan
pendapat [opinion change]
3. Perubahan
perilaku [behaviour change]
4. Perubahan sosial
[social change]
http://heber-makariorio.blogspot.com/2010/10/komunikasi-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar